Perubahan Perkembangan Boneka dari Masa ke Masa

Boneka adalah type mainan yang begitu di sukai anak-anak, serta kebanyakan orang tentu Jual Souvenir Wisuda Jakarta mengenalinya. Boneka (dari bhs Portugis Boneca) adalah mainan yang berberbentuk binatang, manusia ataupun tokoh-tokoh kartun.

 

Tahukah anda mulai sejak kapan orang mengetahui boneka? Boneka mulai dikenal mulai sejak 3000 th. sebelumnya Masehi. Pada jaman Yunani, Romawi maupun Mesir kuno boneka telah ada tetapi peranan, bentuk, ataupun bahan pembuatnnya berlainan pada dahulu dengan saat ini. Dahulu boneka pada umunya terbuat dari tanah liat, potongan kain, patahan kayu ataupun tulang di mana memiliki bentuk relatif sederhana serta mempunyai peranan ritual.

 

Screenshot_28.png

Ketika itu tiap-tiap anak perempuan mesti mempunyai boneka serta membikinkan pakaiannya. lalu boneka tersebut di simpannya hingga mendekati pernikahan. Waktu mendekati pernikahan boneka tersebut di tempatkan si altar Artemis (untuk orang yunani) maupun altar Diana (untuk orang Romawi) untuk upacara keagamaan. Diluar itu di Mesir kuno, boneka di pakai jadi pengganti kurban manusia.

 

 

Di era pertengahan alami perubahan di mana boneka di buat dari kayu tetapi masih tetap berperan untuk acara ritual yang masih tetap dirasa sampai saat ini. Di contohkan di Meksiko, boneka itu banyak yang berupa keluarga suci serta di pakai untuk perayaan Natal.

 

Boneka modern mulai keluar di Eropa serta bentuk boneka alami perubahan, boneka mulai di buat serupa dengan wanita cantik serta tak akan di pakai untuk acara ritual namun jadi model. Beberapa bangsawan memakai boneka untuk mempopulerkan beberapa model baju, hingga perancis lebih dikenal jadi pusat model karena boneka-bonekanya.

 

Perubahan boneka makin cepat dari waktu ke waktu. Pada awalnya boneka di pakai untuk ritual serta model lalu berpindah jadi mainan. Terdaftar pembuat boneka untuk komersil yang pertama yaitu Nuremberg, Augburg serta Sonneberg adalah kota-kota yang ada di Jerman. terkecuali Jerman negara-negara beda juga mulai menghasilkan boneka seperti di Inggris, Perancis, Belanda serta Italia. Bahan serta kualitaspun mulai di perbaiki.

 

Saat ini boneka makin variasi berbahan tak akan memakai kayu atau tanah liat, namun dari kulit lembut (soft leather) lilin, karet porselin, keramik hingga selluloid. Beberapa pembuat boneka makin berkreasi untuk membuat yang paling baik. Oleh karenanya beragam boneka ciri-khas bermunculan. Sebagian boneka yang populer yakni Kewpie, Raggedy Ann, Bye-Lo babby s/d Barbie yang keluar 1959 yang di buat oleh Ruth handler. Boneka barbie ini begitu di sukai anak-anak perempuan karna mempunyai aksesories pakaian serta peralatan yang berbagai macam.

 

 

Diluar itu keluar boneka tokoh ciri-khas kartun seperti Mickey Mouse, Winnie The Pooh, Teddy bear, Deasy Duck dan sebagainya. Peranan dari bonekapun telah berubah cuma untuk mainan bukanlah sekali lagi untuk ritual maupun model. Saat ini boneka telah jadi sisi dari anak-anak bahkan juga orang dewasapun juga menyenanginya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s